Begini Cara Pria Kecilkan Pori-Pori Wajah

Normal bagi pria miliki pori-pori wajah yang lebih besar ketimbang wanita. Bahkan pada pria, pori-pori itu tampak secara kasat mata pada hidung dan dahi. Seiring bertambahnya usia, pori-pori itu dapat membesar sehingga seringkali melunturkan kegantengan seseorang.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, pori-pori wajah dengan mudah membesar untuk mengakomodasi produksi sebum yang meningkat, di samping Anda menjadi lebih mudah berjerawat.

Karena produksi sebum bersifat genetik dan secara teknis pria dengan kulit berminyak tidak benar-benar dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah, maka pori itu akan mudah terlihat. Namun jangan khawatir, mengontrol produksi sebum dapat menghambat pembesaran pori.

Hormon, kebersihan kulit, dan faktor lingkungan seperti suhu, kelembaban, dan paparan sinar UV, berkontribusi pada perbedaan sekresi minyak, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi ukuran pori.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah pori-pori wajah semakin membesar :

1. Bersihkan wajah dengan scrub.


Membersihkan wajah dua kali sehari, dilengkapi dengan penggunaan scrub ringan beberapa kali dalam seminggu dapat membuat kulit tetap bersih dan pori-pori menjadi terbuka, tidak terhalau minyak, kulit mati, maupun kotoran. Ini penting untuk menjaga pori-pori dalam ukuran normal. Untuk bersih yang maksimal bisa dengan bantuan alat pembersih otomatis seperti 4D Korea.

2. Gunakan produk perawatan wajah dengan kandungan ini.

Pilihlah produk berjenis 'noncomedogenic', yang berarti produk tersebut tidak akan menyebabkan pori-pori tersumbat. Kandungan asam alfa atau beta-hidroksi (seperti asam salisilat), atau kandungan glukonat dan magnesium seng, juga dapat membantu mengatur produksi sebum. Kandungan Retinoid dapat mengurangi pembesaran pori dan menormalkan regenerasi kulit.

3. Gunakan pelembab berjenis Matte.


Baik pelembap wajah dan masker, bila Anda menggunakannya, pilihlah produk berlabel 'mattifying' karena dapat menyerap sebum serta mencegah pantulan cahaya yang berlebihan pada permukaan kulit.

4. Lindungi kulit dari paparan UV.

Paparan sinar UV dapat mempercepat penuaan kulit dan secara permanen memperbesar pori-pori wajah. Sinar UV dapat menurunkan kolagen dan menyebabkan peningkatan ukuran pori. Jadi, pakailah perlindungan harian berupa lotion ringan dengan SPF serta seng oksida atau titanium dioksida agar ukuran pori tetap normal. Gunakan pula pelindung lain, seperti topi, saat Anda berada di bawah terik matahari.

0 komentar:

Posting Komentar