Begini 4 Tips Membersihkan Wajah dari Makeup yang Baik dan Benar


Kalau kamu hobi banget pakai makeup, tentunya kamu juga harus rajin membersihkannya. Nggak mau kan, kulit rusak cuma gara-gara nggak menghapus makeup? Tidur tanpa membersihkan makeup bisa membuat kulit wajahmu kering, berjerawat, bahkan bisa muncul kerutan, lho!

Menghapus makeup cuma membutuhkan beberapa menit, kok, apalagi sekarang sudah banyak alat kecantikan untuk membersihkan wajah secara otomatis! Tapi, membersihkan makeup juga harus dilakukan dengan baik dan benar, sehingga kulit kamu bisa bernapas dengan baik. Yuk, intip tips-nya di sini!

1. Bersihkan Makeup dengan Cleanser

Daily cleanser kamu harus cukup kuat untuk membersihkan BB cream, foundation, concealer, bahkan blush yang kamu pulaskan di wajah. Massage wajah kamu dengan cleanser dan diamkan selama 15 detik. Jangan lupa bagian di bawah dagu dan sekitar telinga.

Lalu, bersihkan dengan katun basah, sehingga kamu bisa melihat riasan wajahmu menghilang. Kalau kamu memakai foundation dengan waktu yang lama, kamu bisa menggunakan makeup remover terlebih dahulu.

2. Steam Heat

Kamu juga bisa nge-steam wajahmu sebelum mencuci wajah. Isi wastafel atau mangkuk dengan air panas, dan biarkan uapnya tertiup ke wajah kamu. Dengan begitu, uap panas bakal melonggarkan pori-pori wajah kamu dan memudahkan cleanser menembus kulit lebih dalam untuk membersihkan kulit wajah.

Mungkin cara ini akan membutuhkan waktu ekstra, tapi cara ini punya efek yang sangat baik. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes lavender essential oil agar lebih nyaman. Tapi, hati-hati saat menggunakan air panas, ya.

3. Makeup Remover Berbahan Dasar Minyak

Mascara dan eyeliner merupakan salah satu eye makeup yang susah buat dibersihkan. Jangan pernah mencoba buat menggosok kulit di sekitar mata, karena kulit di sekitar mata sangat sensitif, lho.

Kamu bisa menggunakan makeup remover yang berbahan dasar minyak. Setelah menuangkan makeup remover ke kapas, tutup matamu dan tempelkan kapas di atas lipatan mata dan bulu mata dengan lembut sekitar 10 detik sebelum diseka.

Begitu juga dengan lipstick. Lipstick-lipstick itu bakal susah buat dihapus, sehingga kamu juga perlu makeup remover berbahan dasar minyak untuk menghapusnya secara perlahan.

4. Hindari Baby Wipes

Wanita sering beranggapan menggunakan tisu bayi bisa membersihkan secara maksimal karena mereka pikir, ‘kulit bayi sangat sensitif, ini pasti bagus untuk wajahku.’ Masalahnya, kulit bayi tidak seperti makeup yang membutuhkan bahan khusus untuk pengangkatan yang tepat.

Ternyata, baby wipes nggak bisa membersihkan makeup secara tuntas, lho. Walaupun tisu bayi tersebut aman untuk kulit, makeup wajahmu belum tentu terangkat, dan mungkin masih menyisakan kotoran di wajahmu. Jadi, usahakan untuk membersihkannya dengan cleanser atau makeup remover, ya!

Kalau jenis kulit kamu berminyak, mungkin kamu harus mencuci wajahmu lagi di pagi hari. Tapi, kalau tipe kulitmu kering, kamu nggak perlu mencuci lagi di pagi hari. Kamu bisa memakai moisturizer untuk melembapkan kulitmu.

Tapi, apapun jenis kulit kamu, membersihkan wajah dengan baik dan benar wajib kamu lakukan, ya!

0 komentar:

Posting Komentar