Ini Dia 8 Manfaat Super Mandi Sauna untuk Kesehatan


Tradisi sauna pada praktiknya memang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, dan dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat dan budaya di berbagai negara dunia.

Sauna awalnya dianggap sebagai kegiatan untuk merilekskan diri. Namun semakin ke sini, beberapa studi ilmiah menemukan bahwa sauna nampaknya memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Apalagi sudah beredar banyak secara online sauna portable yang memudahkan kamu melakukan sauna hanya di rumah saja.

Lalu apa saja manfaat sauna tersebut?

1. Meringankan nyeri otot karena DOMS

Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) adalah nyeri dan kekakuan pada otot yang terjadi selang beberapa jam setelah kamu berolahraga dengan intens tinggi. Khususnya, DOMS terjadi ketika tubuhmu tidak biasa berolahraga. Nyeri karena DOMS biasanya muncul dan terasa sangat sakit pada 24-72 jam setelah olahraga.

Dan sauna, sangat baik untuk proses penyembuhan otot pasca olahraga. Studi menyebutkan, bahwa sauna tradisional dan sauna infra merah efektif mengurangi nyeri DOMS dan meningkatkan penyembuhan otot sehabis olahraga.

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa duduk di sauna selama 30 menit dapat meningkatkan hormon pertumbuhan HGH pada wanita, yang dapat membantu tubuh mengurai lemak dan membangun otot.

Tapi ingat, kamu harus minum banyak air setelah melakukan sauna.

2. Memperbaiki tekanan darah

Studi menyebutkan, bahwa satu sesi sauna sudah bisa membantu tubuh menurunkan tekanan darah. Jika dijadikan sebagai suatu kebiasaan, maka dampak baiknya akan berlangsung dalam jangka panjang.

Panas dari sauna akan membuat pembuluh darah membesar, sehingga peredaran darahmu akan menjadi lebih baik, cepat dan lancar.

Dengan satu catatan: Sauna sebenarnya tidak disarankan bagi mereka yang sudah didiagnosis darah tinggi, atau mereka yang memiliki penyakit yang berkenaan dengan jantung. Jika ingin mencoba sauna, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter .

3. Olahraga jantung

Peneliti menemukan bahwa detak jantung pria dan wanita yang mandi sauna umumnya akan meningkat, seperti jika mereka berolahraga dengan intensitas medium (misalnya jogging, bersepeda atau hiking).

Sauna terbukti dapat mengurangi risiko kematian dini dari serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular. Kendati demikian, jangan serta merta mengganti sesi olahragamu dengan sauna ya.

4. Sehat untuk otak

Menurut riset, pria yang melakukan sauna beberapa kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer’s hingga 65%, ketimbang mereka yang hanya sauna sekali seminggu.

Peneliti berasumsi bahwa hal ini bisa jadi disebabkan karena laju peredaran darah ke otak yang membaik saat kita sauna. Pasalnya, penelitian ilmiah menyebutkan bahwa peredaran darah ke otak yang berkurang memiliki kaitan dengan penurunan kemampuan kognitif dan demensia.

5. Meredakan nyeri

Lady Gaga melakukan sauna untuk menangani rasa nyeri kronis yang dirasakannya. Sauna juga diketahui dapat meredakan intensitas sakit kepala (yang sifatnya karena ketegangan kronis, jenis sakit kepala berfrekuensi tinggi yang melanda lebih dari 15 hari per bulan).

6. Meningkatkan imunitas tubuh

Sauna dapat membantu tubuh membangun sistem imun yang lebih kuat. Tapi, penting untuk kamu tahu kalau efek memperkuat sistem imun akan lebih terasa jika kamu juga rajin berolahraga.

7. Kesehatan mental yang lebih baik

Sudah bukan rahasia lagi jika sauna dapat merilekskan tubuh. Dalam studi, sauna yang dilakukan setiap hari dapat meningkatkan relaksasi pada pasien yang depresi.

Sauna merupakan tempat yang hangat, sunyi, tertutup, dan bisa membuat kamu merasa lebih nyaman dan rileks. Walaupun sauna tidak akan langsung membuat stresmu hilang, dan efeknya terhadap kesehatan mental tidak akan langsung terasa, dampaknya dapat terasa secara signifikan dalam jangka panjang lho.

8. Menurunkan kolesterol

Jika kamu berniat menurunkan level kolesterol setelah menerima hasil tes darah, atau karena disuruh oleh dokter, kamu bisa mencoba melakukan sauna untuk bantuan ekstra.

Manfaat penurunan kolesterol dari sauna hampir sama dengan olahraga fisik dengan intensitas moderat. Tapi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jangan menjadikan sauna sebagai alternatif pengganti sesi olahraga kamu ya. Pada dasarnya, tidak ada alternatif pengganti dari olahraga, jadi sebaiknya untuk manfaat yang maksimal, lakukan dua kebiasaan ini.

0 komentar:

Posting Komentar